SERVICE AC SURABAYA

Service AC Surabaya, Pasang AC Surabaya, Cuci AC Surabaya, Service Kulkas Surabaya, Service Mesin Cuci Surabaya, Service AC Gresik. Pasang AC Gresik, Cuci AC Gresik, Service Kulkas Gresik, Service Mesin Cuci Gresik

Office: Jalan Lempung Sari I Nomer 2 RT/RW 05, Lontar, Sambikerep, Surabaya 60185
Situs penyedia template gratis & premium

Goomsite menyediakan template gartis / premium sesuai dengan selera Anda

Accelerated Mobile Pages (AMP) HTML

AMP HTML atau Accelerated Mobile Pages HTML
adalah struktur yang meminimalisir penggunaan JavaScript, CSS dan HTML

Metode Pembayaran Template Premium

Lakukan pembayaran melalui akun

Fungsi Serta Cara Kerja Overload Kulkas

Dalam setiap peralatan elektronik tentu mempunyai komponen-komponen elektronik yang penting. Mulai dari yang nampak jika diperhatikan dengan mata hingga yang terkecil sehingga tidak jelas jika harus kita perhatikan menggunakan mata telanjang.

Begitu juga dengan kulkas, yaitu sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar lebih awet dan tahan lama. Tentunya kulkas juga memiliki komponen yang saling terhubung antara komponen satu dengan komponen yang lainnya.
Jika pada artikel sebelumnya www.serviceacsurabayatehnik.com pernah membahas fungsi thermostats pada kulkas serta cara kerjanya, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Fungsi serta cara kerja Overload kulkas.
fungsi serta cara kerja overload kulkas
FUNGSI OVERLOAD KULKAS
 PENGERTIAN RELAY OVERLOAD PADA KULKAS
Relay overload adalah suatu komponen yang sangat penting yang terdapat pada sistem refrigerator. Dalam hal ini tentu saja yang kami maksud adalah KULKAS, AC, FREEZER dan jenis pendingin lainnya.
Relay overload sendiri cara kerjanya kurang lebih hampir sama dengan funsi MCB. Perbedaannya kalau fungsi overload pada kulkas 1 pintu mau pun 2 pintu, serta jenis mesin refrigerator lainnya, Overload ini berfungsi untuk melindungi kompresor dari beban listrik berlebih.

FUNGSI OVERLOAD KULKAS
Letak overload sendiri biasanya langsung menempel dengan kompresor. Ada yang modelnya bisa dilepas dan memakai soket, ada juga yang modelnya tanam atau langsung di tanam pada kompresor.
Untuk model yang hanya menempel ini, kita bisa saja menggantinya jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Namun untuk yang model tanam tentu tidak bisa di ganti, tapi biasanya jarang sekali terjadi kerusakan untuk yang model tanam.

SAMPAI DISINI, MUNGKIN ADA SEBAGIAN DARI ANDA YANG BERTANYA KENAPA LETAKNYA HARUS MENEMPEL PADA KOMPRESOR ?? KALAU TIDAK APAKAH BISA MENGAKIBATKAN KERUSAKAN ??
Baik. Karena overload sendiri berfungsi untuk mengontrol temperatur pada kulkas yang jika terdapat kelebihan beban listrik yang tidak stabil. Jadi jika suhu pada kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus listrik dan jika mesin kompresor sudah dalam keadaan dingin atau normal kembali, maka kompresor akan menyala kembali.
Jadi jika overload terkena panas berlebih akan memutus, jika terkena dingin akan menyambung. Ini berarti kebalikan dari fungsi thermostat.

APA YANG TERJADI KALAU TIDAK MEMAKAI OVERLOAD
Tentu kompresor akan menjadi lebih cepat rusak, karena tidak ada pelindungnya jika sewaktu-waktu terdapat arus listrik yang tidak stabil (naik turun). Misalnya terkena tegangan tinggi. Serta juga bisa mesin kompresor akan menyala secara terus menerus padahal temperatur pada kompresor sangat tinggi melebihi batas normal. 

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA OVERLOAD
  • OVERLOAD KEROPOS hal ini biasanya disebabkan oleh karena overload sering terkena panas, kemudian menjadi putus. Sehingga membuat kompresor tidak bekerja karena tidak ada arus listrik yang masuk kedalam kompresor. Karena arus listrik terputus di overload yang mengalami masalah tersebut.
  • OVERLOAD KOTOR Platina atau bimetal kotor ini disebabkan bisa dari debu atau kotoran yang menempel, sehingga arus listrik menjadi terhambat tidak mencapai kompresor. Sehingga mengakibatkan mesin kompresor tidak menyala dan otomatis kulkas menjadi tidak dingin.
  • PLATINA OVERLOAD TIDAK BERFUNGSI Dalam hal ini biasanya disebabkan karena memang dari usia overload tersebut sudah lama. Mesin akan tetap akan bekerja terus walau pun dalam keadaan temperatur kompresor yang sangat tinggi dan tidak memperdulikan stabil atau tidaknya arus listrik yang masuk ke dalam kompresor. Jadi seperti tidak memakai overload.
Demikianlah artikel mengenai Fungsi serta cara kerja overload kulkas semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda merasa masih bingung dengan penjelasan di atas atau ingin menanyakan seputar masalah yang terjadi pada kulkas anda silahkan anda ajukan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang berada di bawah atau bisa langsung menghubungi contac service kami. Terima Kasih.
Konsultasikan !! Kerusakan Kulkas anda mau pun barang elektronik anda yang lain kepada kami sebelum jatuh ke tangan OKNUM TIDAK BERTANGGUNG JAWAB!! 
 
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP