0812 3057 3966 ORDER VIA WHATSHAP

Cara Membersihkan AC Split Sendiri

Pada postingan artikel kali ini www.serviceacsurabayatehnik.com akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara membersihkan AC Split sendiri di rumah dengan langkah mudah dan sederhana. Nah, bagi anda yang memiliki AC di rumah, tidak ada salahnya mengetahui cara membersihkan AC sendiri di rumah. Sebenarnya cara membersihkan AC sendiri tidaklah sulit, namun kadang orang sudah malas duluan untuk melakukannya.
Seandainya anda dapat melakukan pekerjaan membersihkan AC sendiri, tentu akan banyak anggaran yang dapat anda hemat. Yang perlu anda ketahui adalah bagian yang paling kotor dari AC biasanya ialah filter. Sehingga anda harus memberikan perhatian khusus pada bagian ini. ingin tau detail cara membersihkan AC sendiri ?? Silahkan anda baca dan simak baik-baik.

Cara membersihkan AC Split sendiri
CARA MEMBERSIHKAN AC SPLIT SENDIRI
 Cara membersihkan AC Split sendiri dengan mudah - Buka filter AC. Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar filter AC berukuran sempit sehingga agak sulit untuk di bersihkan. Namun pada beberapa merk AC, filter AC sudah didesain lebih besar sehingga lebih mudah untuk di bersihkan bahkan tanpa menggunakan alat bantu, cukup dengan tangan saja. Untuk membersihkannya anda dapat membuka filter dengan menariknya keluar secara perlahan. Tahap ini terhitung sangat mudah, jika anda sudah pernah melakukannya sekali, maka pada kesempatan selanjutnya pasti anda sudah terbiasa.

Cara membersihkan AC Split sendiri dengan mudah - Bersihkan. Setelah filter AC berhasil di buka dan anda keluarkan, kini anda dapat membersihkan filter AC tersebut. Biasanya bagian ini banyak sekali debunya. Nah, untuk membersihkan debu-debu yang menempel, anda dapat menggunakan kuas. Sesuaikan besar kuas dengan keadaan filter anda. Setelah debu dibersihkan dengan kuas, anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa-sisa debu yang masih menempel. Jika ada debu yang sulit untuk dibersihkan, anda dapat menggunakan kain lap yang sudah di basahi dengan sedikit air untuk membantu mengangkat debu-debu yang sulit di bersihkan.

Cara membersihkan AC Split sendiri dengan mudah - Pasang kembali. Setelah filter selesai dibersihkan, kini saatnya anda untuk memasang kembali bagian tersebut pada posisi aslinya. Lakukanlah dengan perlahan, tidak perlu terburu-buru agar komponen filter tidak patah sehingga menyebabkan kerusakan. Dan anda harus memastikan posisi filter terpasang tepat pada dudukannya. Hingga langkah ini proses membersihkan AC Split sendiri di rumah telah selesai.

Nah, demikianlah cara membersihkan AC Split sendiri di rumah dengan cara mudah dan sederhana. Biasakan untuk membersihkan filter AC secara berkala agar debu di dalam filter AC tidak menumpuk. Debu yang menumpuk terlalu banyak akan membuat anda lebih sulit untuk membersihkan AC. Selain memakan waktu yang lebih lama, kerak debu akan sulit di bersihkan dengan cara biasa. Nah, silakahkan bersihkan filter AC anda sekarang juga !!

gambar filter AC
GAMBAR FILTER AC
Jika anda ingin mencoba membersihkan seluruh unit AC anda sendiri di rumah kami akan memberikan tutorialnya menggunakan alat-alat sederhana yang ada di rumah anda.

AC atau Air Conditioner harus selalu di rawat dan di bersihkan. Apa bila kita ada waktu luang misalnya hari libur kita dapat memanfaatkannya untuk membersihkan AC sendiri di rumah. Idealnya AC harus di bersihkan setiap 3 bulan sekali, namun khusus untuk filter AC kami menyarankan agar anda membersihkannya rutin setiap 2 minggu sekali karena fungsi filter itu sendiri sebagai penyaring pertama udara yang kotor di dalam ruangan anda agar menjadi lebih bersih maka dapat di pastikan bagian filter AC menjadi komponen paling cepat kotor. Cara yang kami berikan ini tidaklah sulit dan tidak memakai peralatan khusus, hanya dengan memakai alat-alat anda sendiri yang ada di sekitar rumah. Dan alat yang anda harus persiapkan untuk membersihkan debu-debu yang menempel di dalam indoor dan outdoor unit AC adalah:
  1. Kuas ukuran sedang dan sikat gigi yang tidak terpakai.
  2. Obeng + (plus) dan obeng - (min).
  3. Selang air (kalau ada), gayung, ember dan detergen pencuci pakaian.
  4. Lakban (untuk menutup saklar listrik yang terbuka).
Sebelum membersihkan indoor dan outdoor unit AC, pastikan untuk mematikan semua sumber listrik yang terhubung ke dalam unit AC demi keamanan. Dan untuk yang pertama kita bersihkan adalah:

A. Outdoornya dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pakai kuas untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kisi-kisi kondensor (outdoor unit) yang berbentuk seperti radiator mobil. Pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area tersebut, membersihkan pada tahap awal ini kita tidak memerlukan air dan detergen. Langkah ini tidak di wajibkan membersihkan dari dalam, karena debu yang menempel ini hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam yang perlu menggunakan detergen dan air.

2. Apabila sudah bersih dari debu-debu yang menempel kita lanjutkan tahapan berikutnya, yaitu:

- Siapkan ember plastik (bak plastik) dan detergen, penuhilah air dan tuangkan detergen secukupnya saja.

- Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastik yang di ikat oleh 2 baut (tergantung dari merk AC). Ambil gayung dan isi air dari bak tadi dengan ¼ air saja berkali-kali, kemudian:

- Siramlah ke kisi-kisi air dari depan, anda tidak perlu melepaskan fan-nya (kipas) apabila di anggap mengganggu silahkan di lepaskan tetapi jangan lupa untuk memasang dengan benar (baut tertinggal) atau selip saat membaut karena akan mengganggu kenerja pada AC. Siramlah dengan cara mengayunkan tangan anda agak kuat (pengganti dari mesin penyemprot air yang biasa di pakai oleh Jasa Service AC). Siramlah dari sela-sela fan, siramlah ke arah depan dan ke arah kiri. Jangan menyiram ke arah terlalu kanan, karena box yang di lindungi oleh plat seng itu adalah mesin kompresor.

- Ulangi cara di atas sampai benar-benar air yang menetes ke bawah itu bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama. Dalam penyiraman terakhir jangan menggunakan detergen fungsinya untuk membilas agar detergen itu hilang dan tidak menimbulkan karat.

NB: Apabila anda memiliki selang air atau penyemprot bertekanan tinggi lebih disarankan untuk menyemprot kisi-kisi kondensor menggunakan selang, tetapi jangan terlalu dekat dalam melakukan penyemprotan agar tidak sampai merusak kisi-kisi kondensor itu sendiri.

- Apabila sudah benar-benar bersih jangan lupa untuk memasang semua komponen yang sudah anda lepaskan tadi, sekarang untuk tahap pembersihan outdoor unit telah selesai anda lakukan.

B. Unit Indoor-nya dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

- Buka penutup AC tersebut yang di ikat dengan 2 baut (tergantung merk AC) dengan obeng + (plus) sebelum membuka baut buka terlebih dahulu penutup baut dengan cara mencongkelnya dengan obeng - (min).

Cara membersihkan AC Split Sendiri
CARA MEMBERSIHKAN AC SPLIT SENDIRI DI RUMAH
- Setelah anda selesai membuka semua baut sekarang tarik perlahan-lahan casing unit indoornya. Harap anda perhatikan dengan teliti karena biasanya ada pengunci tanpa baut yang menyangkut di casing indoor tersebut (biasanya terletak di bagian atas). Lakukan dengan perlahan agar tidak sampai patah dan merepotkan anda sendiri nantinya.

- Apabila casingnya sudah terlepas sekarang lepaskan kabel atau soket yang menghubungkan swing atau pengarah angin.
Selanjutnya tarik swing ke depan secara perlahan-lahan, apa bila sudah terbuka swing-nya kita mulai membersihkan AC tersebut dengan cara yang sama pada saat kita membersihkan unit outdoor tadi.

- Bersihkan debu yang menempel pada kisi-kisi evaporator (indoor unit) dengan menggunakan kuas dan apabila susah di jangkau dengan menggunakan kuas, bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi tanpa memakai air terutama pada bagian Roller fan (kipas yang berbentuk bulat yang terbuat dari plastik yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang di hasilkan oleh AC). Untuk membersihkan Roller fan kita memerlukan alat tambahan berupa cutter atau pisau kecil untuk membuang debu yang lengket pada Roller fan tersebut.

- Sebelum membersihkan unit indoor dengan memakai air dan detergen terlebih dahulu lepas saklar yang menghubungkan sumber listrik biasanya colokan ke listrik dengan 3 kaki, tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya untuk menghindari percikan air masuk ke dalam lubang tersebut.

- Tutup MCB atau komponen elektronik pada unit indoor dengan menggunakan plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak di sebelah kanan kisi-kisi pendingin, karena dari alat itulah semua proses pendinginan, remot control, dll di fungsikan.

- Karena unit indoor biasanya terletak di dalam ruangan pakailah plastik atau ember untuk menampung siraman air agar tidak membuat becek ruangan anda. Setelah itu mulailah menyiramnya dengan cara yang mirip dengan cara membersihkan unit outdoor tadi. 

- Apabila sudah bersih keringkanlah air yang tersisa pada unit indoor dengan menggunakan kanibo atau pun kain lap. Keringkan sampai benar-benar tidak ada air yang menempel. Apabila sudah selesai pasang kembali Swing fan terlebih dahulu baru penutup luarnya (casing AC).

- Jika sudah selasai nyalakanlah AC anda. Untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian posisikan mode remote kembali ke posisi COOL.

Demikianlah cara membersihkan AC Split sendiri di rumah dengan memanfaatkan alat-alat sederhana yang ada di sekitar anda. Jika anda belum jelas atau ingin mengajukan pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah atau langsung menghubungi kami melalui Contac Service secepat mungkin kami akan menjawab pertanyaan yang anda ajukan. Mungkin ada teman-teman teknisi yang sempat membaca artikel dari kami, jika ingin menambahkan cara dan tutorialnya silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Salam dingin dan terima kasih !!  
PENTING..!! Lakukanlah perawatan AC anda secara rutin dan berkala setiap 3 bulan sekali agar kualitas pendingin AC anda tetap terjaga. Konsultasikan kerusakan AC mau pun barang elektronik anda yang lain kepada kami agar tidak jatuh ke tangan OKNUM TIDAK BERTANGGUNG JAWAB !!       
0812 3057 3966 ORDER VIA WHATSHAP
SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA :

Service AC Surabaya

Pasang AC Surabaya Murah

Cuci AC Surabaya

Service AC Surabaya Panggilan